Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 di Lingkup Jurusan Akuntansi FEB Unila

Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 di Lingkup Jurusan Akuntansi FEB Unila

Jurusan Akuntansi FEB Unila menerima Mahasiswa Baru Angkatan 2020 di Gedung E Ruang 102 pada hari Jumat, 25 September 2020. Acara dimulai tepat pukul 08.30. Satu hari sebelumnya, Ketua Jurusan Akuntansi telah mempersiapkan ruangan tempat pertemuan awal dengan mahasiswa baru, bersama dengan Staf pendukung di Gedung E.  Ruang di gedung E disiapkan dengan dihias dengan tanaman hijau yang ada di lingkungan jurusan, sehingga saat pelaksanaan kegiatan PKKMB 2020 di Jurusan Akuntansi, ruangan pertemuan ini terasa sangat nyaman dan asri. Kesan ini semoga menjadi semangat kepada semua mahasiswa akan kebahagiaan kami dosen-dosennya menyambut kehadiran mereka.

Perkenalan dengan mahasiswa baru Jurusan Akuntansi meliputi semua Prodi yang ada di bawah Jurusan Akuntansi (kecuali Program S2 Ilmu Akuntansi), yakni Program Studi S1 Akuntansi, Program Studi D3 Akuntansi, dan Program Studi D3 Perpajakan. Perkenalan dimulai dengan pemaparan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Akt., C.A. selaku Ketua Jurusan Akuntansi FEB Unila, sekaligus Ketua Program Studi S1 Akuntansi.

(Prof. Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Akt., C.A. selaku Ketua Jurusan Akuntansi dan Ketua Prodi S1 Akuntansi FEB Unila menjelaskan Kurikulum 2020 S1 Akuntansi yang telah mengadopsi konsep Merdeka Belajar sebagai respon dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.)

Prof. Sari (begitu beliau dipanggil) memaparkan Kurikulum 2020 yang telah selesai dirumuskan di Prodi S1 Akuntansi, di mana di dalamnya telah memasukkan konsep Merdeka Belajar sebagaimana yang diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kebebasan penuh kepada mahasiswa yang mengadopsi Kurikulum 2020 ini diberikan di semester 7, di mana mahasiswa hanya memiliki kewajiban menyelesaikan tiga mata kuliah pilihan (9 sks) dari 12 mata kuliah pilihan (34 sks) yang dapat dilakukan mahasiswa melalui skema magang industri dan pertukaran pelajar di luar Perguruan Tinggi (luar Universitas Lampung).

 

Untuk penguatan kompetensi lulusan, Kurikulum 2020 di Prodi S1 Akuntansi juga telah merancang mata kuliah baru dan bekerja sama dengan Prodi S1 Ilmu Komputer (Fakultas MIPA Unila) dan Prodi S1 Komunikasi Bisnis (FISIP Unila) untuk ditawarkan ke mahasiswa di Prodi S1 Akuntansi sejak semester 4. Atas masukan dari alumni dan pengguna yang diperoleh dari tracer study 2020, Prodi S1 menyiapkan 19 mata kuliah baru, yang relevan dengan kebutuhan industry. Semoga melalui implementasi Kurikulum 2020 ini, Jurusan Akuntansi dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi sejalan dengan Profil Lulusan Program Studi S1 Akuntansi FEB Unila.

Selanjutnya, Ketua Prodi D3 Akuntansi (Dr. Sudrajat, M.Acc., Akt., C.A.) dan Ketua Prodi D3 Perpajakan (R. Weddie Andriyanto, M.Si., CPA.) memaparkan Kurikulum 2020 untuk masing-masing Program Studi, berikut dengan keunggulan-keunggulannya. Kegiatan PKKMB ditutup pada pukul 11.20, dan selanjutnya mahasiswa dikembalikan ke Fakultas untuk mengikuti agenda selanjutnya.

(dari kiri): R. Weddie Andriyanto (ketua Prodi D3 Perpajakan), Reni Oktavia (Sekretaris Jurusan Akuntansi/Sekretaris Prodi S1 Akuntansi), Lindrianasari (Ketua Jurusan Akuntansi/Ketua Prodi S1 Akuntansi), Chara Pratami (Sekretaris Prodi D3 AKuntansi), Sudrajat (Ketua Prodi D3 Akuntansi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *